Minggu, 07 September 2008

Pengenalan Linux & Open Source Software FK Unhas


Acara Pengenalan Linux & Open Source Software di Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin (FK Unhas) berlangsung meriah. Baik karena antusiasme peserta, juga karena kepiawaian para pembicara membawakan materi sehingga memancing keingintahuan para peserta. Pada sesi tanya jawab, para peserta berlomba untuk mengajukan pertanyaan, ini bukti antusiasmenya. Pertanyaan yang diajukan pun -khas anak kedokteran- yah ... singkat, fokus dan kritis.

Event ini merupakan event pertama kepengurusan KPLI Makassar (LUGU) periode 2008 - 2009. Namun event pertama ini langsung memecahkan rekor paling ramai dari semua acara yang pernah kita laksanakan. Peserta terdaftar sebanyak 367 orang. Belum lagi team ICT Centre FK Unhas, POSS Unhas, aktifis LUGU, sponsor, bahkan ada yang datang dari Kab. Bone mewakili salah satu kampus di sana.
Setelah jam 12.00 diadakan install fest. Kegiatan ini juga disambut antusias para peserta. Sebagian besar peserta yang membawa laptop, langsung menginstall UbuntuME didampingi team LUGU, ICT Centre FK Unhas dan POSS Unhas. Bahkan para pemateri ikut juga mendampingi dan membimbing.
Bagi yang tidak membawa laptop, Ariel Computer menyediakan beberapa buah laptop baru merk Acer dan Fujitsu untuk digunakan sebagai sarana praktek menginstall. Yang lain cukup dengan melihat dan memperhatikan tahapan instalasi yang ditayangkan di layar. Layarnya selebar layar bioskop sehingga sangat jelas untuk diikuti. Maklum ruangan yang digunakan adalah ruang LT (Lecture Theater) 5, FK Unhas yang memang serasa di bioskop.
Saking antusiasnya, meski acara sudah ditutup namun masih ada beberapa teman-teman FK yang bertahan minta di install-kan Linux di laptopnya. Akibatnya saya, Eko, Phipho, Asri dan Anhie, masih menemani hingga sekitar jam 16.30 WITA. Karena mau jemput isteri, saya dan Eko pulang lebih dahulu, meninggalkan Phipho, Asri dan Anhie yang masih setia menemani teman-teman FK yang sedang proses meng-install. Kebetulan peserta terakhir ini adalah para mahasiswi FK, cantik-cantik lagi ... hm...hm...hm....
Yang penting kita semua bersyukur karena acaraini sudah terlaksana dan berjalan dengan lancar dan sukses. Salut buat Pak Machmud (FK Unhas), Pak Tahir Ali (POSS Unhas) dan teamnya atas pelaksanaan acaraini. Salut juga buat pak Ketua LUGU dan teman-teman LUGU lainnya. Dijajaran jagoan ngoprek terlihat hadir the Fantastic Four-nya Makassar Slackers. Di Ubuntu-ID SubLoco Makassar tampak lengkap hadir jajaran pejabat terasnya antara lain pak Ketua (Muhammad Takdir), Wakil Ketua (Arman Satary) dan Sekretaris (Resha). Maniac Fedora hadir John Cendra dan Eko. Perwakilan Kluwek (Kelompok Linux Cewek) ada Mamie Lily dan Anhie serta Ama.
Event ini telah memberikan momentum yang cukup besar bagi sosialisasi Free/Open Source Software (FOSS). Saran saya, mari merapatkan barisan, susun dan lengkapi kepengurusan, konsolidasi organisasi, Susun Rencana Kerja dengan memanfaatkan kampus dan komunitas yang ada, serta jaga komunikasi dan koordinasi yang baik.

Sekali saya ucapkan selamat.
Sampe ketemu di event berikutnya. (Mudah-mudahan STMIK Kharisma segera menyusul kegiatannya).
Hidup Open Source.

Notes: Foto-foto lainnya bisa diliat di website LUGU.

1 komentar:

Anonim mengatakan...

wah dukungan fk unhas melalui dokter machmud sungguh luar biasa..