Sabtu, 07 November 2009

Instal Ubuntu 9.10 di Acer 4530

Penasaran dengan Ubuntu yang baru, kemarin sempat titip CD Ubuntu 9.10 ke teman yang berkunjung ke Makassar Computer Expo 2009. Expo ini dilaksanakan di Gedung CCC (Celebes Convention Center), Jl. Tanjung Bunga, Makassar dari tanggal 4 - 8 Nopember 2009.
Hari ini, terima CDnya, bahkan dapat bonus CD AddOn-nya.
Tanpa menunda waktu, langsung saya jalankan.
Pertama pilih mode LiveCD, sekedar ingin tau tampilannya. Sekalian nge-check apa langsung jalan atau masih ada masalah. Maklum laptopku Acer 4530 termasuk jenis yang rada tak bersahabat. Kudu dikutak-kutik dulu biasanya, meski seninya justeru disitu. Jadi menurut saya, pasangan Acer 4530 + Linux (distro apa saja) merupakan pasangan ideal bagi yang suka ngoprek. hehehe.
Ternyata berjalan dengan smooth. Semua lancar dan hardware dikenali dengan baik. Resolusi VGA, OK. Wifi dikenali dan langsung jalan. Indikator wifi-nya juga sudah kedap-kedip, selama ini dia diam saja tak ada reaksi.
Pokoknya OK-lah. Senang juga melihatnya.
Karena itu, saya langsung klik icon instalnya.
Instalasi berjalan dengan mulus.
Ada yang menarik dengan aplikasi instalasi Ubuntu yang baru ini. Sambil menunggu proses, kita disuguhi dengan message-screen yang berubah-ubah menampilkan pesan tentang fitur Ubuntu yang baru. Meski Mandriva sudah lebih dahulu memiliki fitur ini, namun untuk Ubuntu kayaknya baru versi 9.10 ini deh, yang menggunakan.
Seperti biasa, cukup 7 klik dan .... selesai. Kemudian Restart.
Coba cek lagi seluruh hardware, dan ternyata berjalan dengan baik. Alhamdulillah.
Sekarang nge-post tulisan ini ke blog, sudah menggunakan Ubuntu 9.10 Karmic Koala.
Terimakasih Mark Suttleworth.
Terimakasih, teman-teman di Canonical.
Terimakasih teman-teman LUGU yang banyak memberi dan berbagi pengetahuan tentang linux kepadaku.
Terimakasih teman-teman di Ubuntu SubLoco Makassar.
Terimakasih Ubuntu.
Terimakasih juga untuk Acer 4530 ku.
Maju terus Open Source.

1 komentar:

anggun mengatakan...

bung, saya pake acer 2920z, saya coba migrasi ke ubuntu, sebelumnya saya sempat install linux mint 7 semuanya jalan dengan baik, baik vga maupun wifinya (setelah di update maslah vga spt dalam ubuntu 9.04 terselesaikan). saat ini saya coba install ubuntu 9.10, pada saat menjalankan live cd semuanya berjalan lancar seperti yg ada di artikel anda. akan tetapi setelah post install, wifinya g jalan, tertulis no propriatary not found... sampai saat ini wifi saya mash g jalan, mohon petunjuknya...